Whistle Blowing System

Whistle Blowing System

Dalam rangka mendukung penerapan tata kelola perusahaan yang baik, Perseroan menerapkan Whistleblowing System (WBS/sistem pelaporan pelanggaran dalam rangka untuk mencegah terjadinya kecurangan dengan melaporkan kejadian atas perilaku pelanggaran serta mendorong budaya keterbukaan serta kejujuran. Penerapan hal tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan No. 09.11/SK/WSKR/2021 tentang Prosedur Etika & Perilaku (Code of Conduct) PT Waskita Karya Realty. Perseroan menjamin kerahasiaan identitas pelapor guna menghindari terjadinya kejadian yang tidak diinginkan. 

Mekanisme Pelaporan Pelanggaran

Perseroan mendorong seluruh insan Perseroan untuk melaporkan dugaan adanya indikasi kecurangan dalam lingkungan Perseroan melalui prosedur sebagai berikut:

  1. Setiap pegawai wajib melaporkan terjadinya pelanggaran Prosedur Waskita Bidang Etika dan Perilaku kepada Divisi HCM & IT
  2. Setiap pegawai yang melaporkan mengenai dugaan pelanggaran etika harus mengungkapkan identitasnya dengan jelas. 
  3. Kerahasiaan identitas pelapor harus dijaga, kecuali apabila diperlukan dalam tindak lanjut laporannya sesuai kebijakan Perseroan. 
  4. Tidak ada hukuman yang dijatuhkan kepada pelapor manakala pelanggaran tersebut benar terjadi, kecuali apabila yang bersangkutan juga terlibat dalam pelanggaran dan/atau laporannya tidak benar. 
  5. Divisi HCM & IT menindaklanjuti laporan tersebut sesuai batas kewenangannya. 
  6. Divisi HCM & IT melaporkan kepada Direksi untuk diambil tindakan sesuai dengan Kebijakan Perusahaan.
Start typing to see posts you are looking for.