Tips Memilih Developer

23 Dec 2020

Kalau lagi cari-cari properti, jangan ragu untuk tanya sana-sini ke kerabat yang mungkin lebih berpengalaman. Dan jangan lupa, pilih dari developer atau pengembang yang sudah terpercaya ya, Insan WKR. 

Di dunia properti, developer atau pengembang merupakan orang atau perusahaan yang membuat atau merenovasi properti yang sudah ada untuk disewakan atau dijual kembali.

Selain mengecek reputasi, biasanya developer berkualitas memiliki rumah contoh yang bisa Anda kunjungi. Dengan begitu Anda bisa langsung mengecek kualitas rumah sekaligus lokasi hunian kamu. Lalu, apalagi yang perlu menjadi pertimbangan saat memilih developer? Simak ulasannya di bawah ini:

  1. Pertimbangkan reputasi developer


Selain risiko yang sangat besar, pembelian secara kredit juga umumnya memakan waktu lama dan harus dilunasi bahkan sebelum rumahnya dibangun pihak
developer. Oleh karena itu, Anda perlu mencari informasi lengkap terkait reputasi developer.

  1. Proses penyelesaian sertifikat


Sejak awal, tanyakan kapan sertifikat dapat dialih namakan kepada kamu. Biasanya hal ini tercantum dalam surat perjanjian jual beli, tapi jangan ragu untuk memastikannya dengan bertanya langsung kepada pihak
developer.

  1. Hindari transaksi bawah tangan


Jangan sampai Anda terlalu percaya pada suatu pihak dan melakukan transaksi seperti ini. Tetap lakukan sesuai prosedur dan lakukan pengalihan kredit di bank, dikuatkan dengan akta notaris.

Jangan ragu untuk mencari informasi selengkapnya sebelum menjatuhkan pilihan. Apalagi untuk investasi jangka panjang seperti properti ya, Insan WKR. 

 

Sumber: cermati

KEMBALI