Tips Agar Tetap Produktif Saat Bekerja Dari Rumah

19 Mar 2020

Dengan merebaknya virus Novel Corona, pemerintah menganjurkan kita untuk melakukan aktivitas tanpa melibatkan kontak fisik secara langsung; baik meliburkan sekolah di level Taman Kanak-Kanak, melakukan kegiatan belajar mengajar via aplikasi maupun video conference, juga menghimbau para karyawan untuk bekerja dari rumah. Hal ini harus kita lakukan guna mencegah penyebaran virus Novel Corona secara lebih luas dengan meminimalkan kegiatan di luar rumah, kecuali untuk hal mendesak yang harus bisa dipertanggungjawabkan.

Untuk karyawan dan pekerja kantoran yang mendapatkan himbauan untuk work from home, kami punya beberapa tips untuk menjaga kegiatan kerja Anda tetap produktif:

1. Siapkan area kerja khusus
Bila Anda ingin bekerja dari dalam rumah atau apartemen, sebaiknya Anda mempersiapkan satu area khusus untuk bekerja saja. Baik dengan mengalihfungsikan sebuah sudut ruangan dengan meja belajar atau sofa, ataupun mempergunakan meja makan selama waktu kerja yang Anda miliki. Hal ini berguna untuk menciptakan pola pikir kerja yang efisien meskipun Anda bekerja dari kenyamanan tempat tinggal sendiri.

2. Alokasikan waktu kerja yang tetap
Lakukan pemetaan pribadi untuk waktu kerja produktif Anda sendiri. Tidak berarti Anda harus tetap bekerja dari jam 9 sampai jam 7 malam, tapi Anda harus selalu siap untuk berkomunikasi dan berkoordinasi di jam-jam operasional baik dengan bos, anggota tim, maupun klien Anda

3. Jaga fokus kerja dari gangguan
Pisahkan waktu pribadi dari waktu kerja dengan melakukan pemetaan pribadi yang disebutkan dipoin sebelumnya. Jangan sampai di tengah pekerjaan atau video conference Anda tiba-tiba menghilang untuk melakukan hal yang baru saja Anda ingat, atau menunda pekerjaan karena terdistraksi oleh suatu hal yang Anda temukan di Internet.

4. Miliki mindset kerja yang kuat
Ada baiknya Anda tetap melakukan ritual pagi seperti biasa seperti mandi dan berpakaian rapi layaknya akan berangkat ke kantor. Hal ini akan memberikan motivasi kerja tambahan yang tidak akan didapatkan dengan berbaring sambil memakai piyama hingga jam makan siang tiba.

5. Manfaatkan fasilitas hunian vertikal
Gedung-gedung apartemen biasanya dilengkapi fasilitas, termasuk ruang perpustakaan atau lounge yang bisa kamu manfaatkan sebagai area kerja. Di Vasaka Solterra misalnya, kamu bisa memilih perpustakaan Bibilioteka atau Riserva Residents lounge. Bila berpapasan dengan penghuni lain, jangan lupa mempraktikkan #socialdistancing dengan menjaga jarak minimal 2 meter ya.

Sumber: lifehack.org

KEMBALI