Rumah Inden VS Rumah Jadi: Mana Yang Cocok Untuk Anda?

20 Apr 2020

Kadang kita dihadapkan pada pilihan hidup yang sulit karena banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dihitung positif-negatifnya. Salah satunya adalah memilih proses pembelian hunian, yang akan memberikan pengaruhnya pada kehidupan sehari-hari di masa depan.

Dengan artikel ini kami coba bantu Anda untuk menentukan pilihan dengan menyajikan beberapa fakta kelebihan dan kekurangan mengenai rumah indent dan juga rumah jadi.

RUMAH INDEN

Kelebihan:

  1. Harga jual perdana memang relatif lebih murah karena bangunannya masih belum jadi.
  2. Baik untuk investasi, karena dengan harga pembeliannya yang masih murah, setelah bangunan jadi di 1-2 tahun kemudian harganya bisa langsung melejit.
  3. Pembeli properti inden masih bisa memilih lokasi yang diinginkan.
  4. Pembeli akan merasakan kemudahan pembayaran. Biasanya, para pembeli pertama diberi kemudahan seperti DP bisa dicicil dan sebagainya.

Kekurangan:

  1. Memerlukan ekstra ketelitian untuk 2 hal berikut:
    1. Pengembang yang berpengalaman dan memiliki rekam jejak yang baik
    2. Jaminan kesesuaian rancangan dan hasil akhirnya
  2. Di masa awal ditempati, beberapa area akan terasa sepi karena komunitas di sekitarnya belum terbentuk.

 

RUMAH JADI

Keuntungan:

  1. Kondisi fisik bangunan bisa langsung dicek, apakah sesuai dengan perencanaan dan penawaran yang diberikan. Anda akan mendapatkan apa yang Anda lihat sendiri. 
  2. Bisa langsung ditempati. Untuk pasutri yang ingin segera keluar dari Pondok Mertua Indah, ini adalah manfaat langsung yang bisa Anda nikmati.      
  3. Dokumen seperti sertifikat tanah dan IMB sudah lengkap. Pengurusan dokumen bisa memakan waktu cukup lama, dengan memilih untuk membeli rumah jadi Anda bisa langsung melanjutkan proses transaksi. 

Kekurangan:

  1. Harga jual lebih mahal jika dibandingkan rumah inden. Segala kemudahan pasti datang dengan konsekuensi, harga adalah salah satunya.
  2. Tidak fleksibel untuk memilih posisi rumah. Siapa cepat dia dapat, bila Anda telat bergerak maka posisi-posisi bagus biasanya sudah diambil pembeli lain.

 

KESIMPULAN

Sistem inden lebih cocok bila kamu tidak ingin langsung menempati properti, dan mungkin lebih ingin berinvestasi. 

Rumah jadi adalah pilihan tepat untuk pembeli pemula yang ingin langsung menempati hunian yang dibeli.

Semua datang dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yang mungkin salah satunya memiliki manfaat yang lebih cocok dengan kondisi Anda saat ini. Dari informasi di atas, mungkin sekarang Anda sudah mendapatkan pertimbangan baru. Semoga membantu dan selamat memilih!

KEMBALI