Nikmati Rumah Adem Tanpa AC Dengan 5 Cara Ini

11 Nov 2019

Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia yang merupakan negara tropis cenderung memiliki cuaca yang terbilang panas di hampir sepanjang tahun. Sama seperti yang sedang kita rasakan beberapa waktu belakangan ini. Maka tidak heran jika penggunaan AC menjadi salah satu jalan keluar yang praktis dan mudah untuk membuat udara menjadi sejuk seketika. Mulai dari mobil dan kamar, sampai restoran dan pusat perbelanjaan, semuanya dilengkapi dengan penyejuk ruangan ini.

Tapi, pemakaian AC juga tidak lepas dari dampak negatif, termasuk untuk masalah kesehatan. Penyakit seperti masalah kulit, flu, sakit mata, alergi, sakit kepala, semuanya dapat disebabkan dengan berada di dalam ruangan ber-AC secara terus-menerus. Setelah seharian beraktivitas di luar rumah dengan paparan AC yang maksimal, ada baiknya jika kita mulai menerapkan sejumlah cara agar dapat mengurangi pemakaian AC ketika berada di rumah.

Berikut sejumlah tips dari kami:

1. Gunakan Tirai

Menurut penelitian, 30% panas yang tidak diinginkan berasal dari cahaya matahari yang menembus jendela Anda. Punya banyak jendela kaca di rumah? Manfaatkan tirai atau gorden untuk mengurangi temperatur hingga 20 derajat. Dengan kata lain, menutup tirai bisa mencegah rumah Anda menjadi lebih panas, terutama untuk jendela yang menghadap ke arah barat dan selatan.

2. Buka Pintu dan Jendela

Kita cenderung membuka semua pintu dan jendela saat temperatur di luar memanas. Pastikan agar hawa panas tidak masuk ke dalam rumah saat kita melakukan hal tersebut. Solusinya, cukup buka beberapa jendela dan pintu saja. Hawa yang lebih segar akan masuk ke rumah jika kita membuka semua pintu dan jendela di rumah pagi-pagi sekali atau menjelang senja. 

3. Minimalisasi Perangkat Elektronik

Beberapa perangkat elektronik seperti mesin pencuci piring, pengering pakaian, setrika, dan water heater menghasilkan panas saat beroperasi. Hindari menggunakan perangkat-perangkat ini di siang hari agar hawa panas tidak menyebar ke dalam rumah. Lebih baik mengoperasikannya di pagi atau sore hari.

4. Tanam Tanaman

Tanam sebatang pohon di halaman belakang atau depan sekarang juga. Dengan berlalunya waktu, pohon itu akan tumbuh besar. Daun-daunnya akan membantu menghalangi paparan sinar matahari. Di siang hari pohon akan menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen, sehingga suhu udara di sekelilingnya akan menjadi sejuk.

5. Gunakan Kipas Angin

Udara panas akan membuat ruangan terasa panas jika tidak dibuang. Salah satu caranya ya, dengan kipas angin. Eits! Pilih kipas angin yang baling-balingnya berputar berlawanan dengan arah jarum jam. Katanya, putaran yang berlawanan dengan arah jarum jam pada kecepatan yang lebih tinggi akan menghasilkan aliran udara yang "terasa" lebih dingin.

Gimana, mudahkan caranya, mengurangi penggunaan AC, namun ruangan tetap sejuk? Saatnya kita mengurangi penggunaan AC. Sayangi diri kalian dan lingkungan kalian.

KEMBALI