Mengatur Ruang Kecil Agar Multifungsi

15 Jul 2020

Mungkin di rumah atau apartemen kamu ada satu ruangan yang terbilang “nanggung” secara ukuran, bahkan relatif kecil, dan membuat kamu bingung dengan fungsinya. Terlalu kecil untuk dibuat ruang dengan fungsi besar, tapi terlalu besar untuk dijadikan ruang penyimpanan saja? Jangan khawatir, kami ada beberapa cara untuk memaksimalkan ruang untuk beberapa keperluan sekaligus:

 

  1. Pilih fungsi yang akan digabung

    Ada beberapa kombinasi klasik seperti ruang kerja/ruang tidur tamu, ruang makan/ruang kerja, atau ruang keluarga/gym. Kombinasi ini adalah pilihan aman untuk mendapatkan dua manfaat dari satu ruang. Bila kamu ingin merancang sebuah ruang kerja + ruang hobi, jangan membagi ruangan 50-50 untuk ke dua keperluan itu. Pasanglah satu meja besar di tengah ruangan, dan letakkan semua perkakas/pernak-pernik di bagian samping ruangan. Adil pada kedua fungsi tanpa berat pada salah satu saja adalah kunci keseimbangan untuk ruang baru ini.

  2. Gunakan furnitur dual manfaat

    Sofa bed dan meja lipat dinding adalah hal sederhana yang selalu membantu. Bisa juga ditambahkan dengan meja kerja tersembunyi di dalam lemari, yang juga bisa dipakai menyimpan bantal dan selimut tambahan untuk tamu. Bukan hanya berguna untuk Anda yang masih lajang, dual manfaat ini akan lebih terasa ampuh di dalam hunian keluarga.

  3. Percaya pada teori "Less is More"

    Makin banyak aksesoris dan furnitur, maka semakin sempit ruangan itu. Mengacu pada poin sebelumnya, pilihlah benda-benda yang paling substansial untuk memaksimalkan fungsi ruang. Memilih memang sulit, jadi pastikan Anda memiliki waktu cukup untuk mempelajari semua pilihan yang ada sebelum memutuskan elemen apapun yang ingin ditambahkan.

  4. Koordinasi warna

    Warna adalah penyatu ruangan yang paling ampuh. Untuk amannya, pilihlah dua sampai tiga kombinasi warna untuk menjaganya tetap seimbang.

Anda punya ide lain untuk membuat ruang kecil menjadi multifungsi? Share tips Anda di comment Instagram kami ya!

 

 

KEMBALI