Mencegah Covid-19 di Tempat Umum

26 Mar 2020

Tempat umum seperti transportasi massal dan fasilitas publik adalah tempat berkumpulnya banyak orang, baik yang berlalu lalang maupun yang tidak. Contohnya seperti bus kota, kereta, ataupun kantor/tempat kerja bersama. Risiko penularan Covid-19 menjadi semakin tinggi karena virus Corona berpindah melalui droplet yang dihasilkan dari bersin atau batuk, yang menempel secara langsung pada benda-benda di sekitar, maupun benda yang disentuh oleh tangan yang mengandung droplet virus tersebut.

Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan bersama, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan ketika Anda berada di tempat umum:

Kurangi kontak dengan “pegangan”

Contoh situasinya bisa berupa pegangan tangga di stasiun kereta ataupun halte bus, pegangan pintu kantor atau toilet umum. Sebisa mungkin gunakan “perantara” sekali pakai atau yang bisa Anda bersihkan segera, seperti tisu atau lap.

Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setelah menyentuh fasilitas publik

Selalu sediakan hand sanitizer yang siap digunakan kapan saja, baik yang Anda dapatkan dari toko farmasi atau yang Anda buat sendiri berdasarkan panduan pembuatan WHO. Jadikan ini kebiasaan baru yang akan langsung Anda nikmati manfaatnya setiap hari. 

Hindari kerumunan yang membatasi ruang gerak

Untuk sementara waktu, jauhi tempat-tempat sempit yang membuat Anda sulit bergerak atau tempat kecil yang padat orang dan minim ventilasi. Antrian, konser, dan keramaian lainnya bisa kembali Anda jalani setelah pemerintah menyatakan Indonesia aman dari Corona. Saat ini letakkan fokus pada pengembangan diri dan kesehatan orang-orang terdekat Anda.

Waspada meletakkan tas di lantai bus/kereta

Usahakan selalu meletakkan tas di dalam dekapan atau pangkuan yang terlihat jelas. Bila dirasa terlalu berat atau besar dan Anda harus meletakkannya di lantai, segera bersihkan bagian yang terkena lantai dengan tisu basah begitu Anda mengangkatnya.

Hindari mengeluarkan telepon genggam

Gunakan handsfree atau headset yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi tanpa memegang ponsel saat berada di tempat umum. Bila dirasa sulit, cobalah untuk mengurangi frekuensi keluar-masuk ponsel dari dalam saku dan pastikan Anda mengeluarkannya di saat benar-benar perlu saja. Setibanya di tempat aman, bersihkan ponsel dan headset Anda.

Tidak ngemil di transportasi umum untuk menghindari kontaminasi dari tangan

Selain memang makan di dalam transportasi umum itu dilarang, cemilan bisa menunggu Anda di tempat yang lebih nyaman. Pilihan lainnya, Anda dapat menghabiskan dulu cemilannya sebelum memasuki bus atau kereta.

Sumber: CNN Indonesia

 

KEMBALI