Manfaat Tanaman Dalam Rumah

09 Sep 2020

Tanaman di dalam ruangan memang bukan untuk semua orang. Selain karena merupakan makhluk hidup yang memerlukan pemeliharaan, ada banyak opsi dekorasi lain yang bisa dipilih. Tapi, Insan WKR harus tahu juga bahwa tanaman dalam hunian tidak hanya berfungsi sebagai dekorasi lho! 

Berikut beberapa manfaat dari memiliki tanaman di dalam hunian kamu:

  1. Membersihkan Udara

    Riset NASA menyebutkan bahwa tanaman dalam hunian bisa menghilangkan polutan berbahaya seperti karbon monoksida, formaldehyde, ammonia, dan juga jamur dari dalam ruangan, tergantung ukuran tanaman dan besar ruangan.
  2. Menambah Warna

    Untuk kamu yang tinggal di apartemen, jangan terlalu nyaman dengan warna beige, putih, dan abu-abu bawaan dari pengembang. Tambahkan warna cerah atau hijau yang segar dari tanaman hidup di dalam ruangan.

  3. Produksi Makanan Sendiri

    Untuk kamu yang sedang mencoba gaya hidup sehat dengan menu salad dan sayuran segar setiap harinya, coba tumbuhkan tanaman hidroponik untuk konsumsi pribadi. Sehat, hemat, cermat!

  4.  Aroma Alam Menyegarkan

    Selain warna untuk mata dan sayuran untuk mulut, kamu juga bisa memanjakan hidung dengan tanaman yang memiliki wangi khusus seperti lavender, lemon, rosemary atau mint.

  5. Perawatan (Relatif) Lebih Mudah

    Tidak memiliki tuntutan sebesar hewan peliharaan, namun tidak berarti lantas bisa tumbuh sendiri tanpa perawatan. Yang jelas, lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan hewan.
  6. Mudah Untuk Memulai

    Tidak yakin dengan poin no.6? Jangan takut, ada beberapa jenis tanaman yang cocok untuk pemula dan tidak memerlukan perawatan intensif seperti Lidah Mertua (Snake Plant), Tillandsia (Air Plant) atau kaktus.

Ada usulan jenis tanaman lain yang cocok di dalam ruangan?

 

Sumber: apartments.com

KEMBALI