Istilah Properti

08 Jul 2020

Anuitas Rest

Sistem anuitas rest merupakan perhitungan pembebanan bunga efektif dengan periode tahunan.

Dalam anuitas rest akan dilakukan yang namanya perhitungan ulang per tahun kredit.

Jika debitur membayar lebih untuk mengurangi pokok kreditnya, otomatis, debitur akan mendapat pengurangan beban bunga.

Jadi, ini akan berpengaruh pada waktu pelunasan yang tentunya akan berakhir lebih cepat dari yang dijadwalkan semula.

Backlog
Tingginya proses urbanisasi atau perpindahan masyarakat dari desa ke kota merupakan dampak dari ekonomi Indonesia yang sejauh ini bisa tetap tumbuh tinggi. Namun pertumbuhan urbanisasi yang cukup tinggi juga memiliki potensi negatif, terutama berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan tempat tinggal yang sering kita lihat dan baca di berita dengan sebutan “backlog”. 

Secara singkat, Backlog adalah selisih antara jumlah kebutuhan hunian dengan jumlah ketersediaan hunian yang ada. Dengan  pengertian tersebut, Backlog Perumahan adalah  kuantitas  rumah  yang  belum/tidak  tertangani.  Backlog perumahan dihitung berdasarkan konsep bahwa satu unit rumah per satu rumah tangga atau kepala keluarga.

Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP)
FLPP adalah kependekan untuk Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan, program subsidi pemerintah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Melalui FLPP, rakyat Indonesia bisa mendapatkan pinjaman KPR untuk pembelian rumah subsidi dan rumah murah, dengan tingkat bunga yang terjangkau. 

Pelaksanaan program FLPP ini dikelola oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang mengontrol jumlah pengajuan dengan memonitor penghasilan calon pembeli.

Penjualan rumah bersubsidi dengan skema FLPP ini menawarkan Down Payment (DP) dengan nilai nominal rupiah yang kecil, yang pastinya cukup terjangkau, dengan bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang lebih rendah jika dibandingkan dengan perumahan menengah ke atas atau kredit komersial lainnya. 

Fasilitas Umum (Fasum)

Fasilitas Umum atau yang biasa disingkat FASUM adalah segala bentuk struktur yang dapat digunakan oleh masyarakat. Contohnya jalan raya, saluran air, jembatan, halte, alat penerangan umum, trotoar, dan tempat pembuangan sampah. Fasum adalah bentuk fungsional yang dibangun dengan sengaja untuk mengakomodasi kebutuhan orang banyak.

Di beberapa negara maju, fasum menjadi media kreativitas yang menarik karena dapat dilihat oleh banyak orang, sekaligus bisa memberikan nilai lebih untuk penggunanya. Contohnya seperti halte bus kota yang dipasangi charging station untuk ponsel, tempat parkir sepeda yang dilengkapi alarm, atau jalur pejalan kaki yang menyala di waktu malam.

 

Fasilitas Sosial (Fasos)

Setelah membahas Fasum (fasilitas umum) di post sebelumnya, kali ini kita akan membahas FASOS atau Fasilitas Sosial.

Fasos adalah kelengkapan struktur yang dibangun pemerintah atau pihak swasta yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum dalam lingkungan pemukiman. Contoh dari fasos antara lain adalah sarana kesehatan seperti Puskesmas dan klinik, tempat ibadah, tempat rekreasi, pasar, sarana olahraga, taman pemakaman, ruang serbaguna dan lainnya.

Bisa dilihat dari contoh di atas, perbedaan utama fasos dan fasum, fasos adalah “tempat” yang memiliki area tertentu.

 

FTV

Financing to Value (FTV) adalah perbandingan antara jumlah pembiayaan (finance)  dengan harga jual atau hasil penilaian, mana yang lebih rendah (value).

Rasio penghitungan FTV dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk memberikan keputusan pembiayaan.

Penetapan FTV bertujuan untuk meyakinkan bahwa aset, usaha, atau proyek yang dibiayai memiliki nilai agunan yang memadai yang dapat menutup sisa pembiayaan jika terjadi eksekusi di kemudian hari dan melindungi konsumen atas kewajaran harga jual.

Pada September 2019 lalu, Bank Indonesia melakukan pelonggaran FTV untuk kredit properti 5%; uang muka kendaraan bermotor sebesar 5%-10%.

 

Groundbreaking
Lebih lazim dikenal sebagai “peletakan batu pertama”, Groundbreaking adalah penggalian dasar bangunan, sebagai tahap awal pembangunan properti.

Biasa dilakukan sebagai elemen seremonial, Groundbreaking biasanya ditandai dengan pencangkulan tanah, pemasangan pita pada cangkul yang digunakan untuk pertama kali menggali, atau peletakan batu pada tanah yang sudah digali di lahan baru yang akan dibangun.

 

Koefisiensi Dasar Bangunan (KDB)

KDB adalah jumlah persentase yang membandingkan luas area yang bisa dibangun terhadap luas tanah keseluruhan yang tersedia, sesuai dengan rancangan atau rencana tata kota. 

Misalnya, KDB 50%, luas lahan 1.000 m2, maka luas lahan yang dapat dibangun adalah 500 m2, sisanya digunakan untuk ruang terbuka hijau dan resapan air.

 

Mixed-Use Development

Sering ditemui di lokasi strategis kota, sebuah bangunan jangkung multifungsi yang memaksimalkan pembangunan di lahan relatif kecil. Bangunan tersebut biasa disebut Mixed Use Development atau kawasan terintegrasi yang terdiri dari tempat tinggal, kantor, pusat perbelanjaan, pendidikan, rekreasi, dan fungsi urban lainnya.

Dengan lahan kosong yang makin menyusut di dalam kondisi kota yang makin padat, Mixed Use Development dianggap sebagai strategi pembangunan yang tepat.

Rumah Kopel

Rumah kopel adalah satu bangunan rumah  yang terdiri dari dua rumah sekaligus. Di luar negeri, istilah rumah kopel lebih dikenal dengan istilah duplex. Hanya saja, lebih sering dibangun ke atas, bukan berjajar ke samping.

Jika dilihat secara utuh, rumah kopel memiliki satu konsep desain. Kedua rumah yang ada di dalam bangunan tersebut hanya dipisahkan oleh satu dinding. Bagian atap pun hanya menggunakan satu atap.

Di Indonesia, dulu banyak rumah kopel peninggalan zaman Belanda. Tapi saat ini, rumah kopel banyak diterapkan lagi oleh para pengembang perumahan.

Alasannya utamanya adalah lahan yang dibutuhkan tidak terlalu luas karena hanya ada satu bangunan jadi biaya pembangunannya pun lebih murah.

Refinancing

Refinancing adalah tindakan wajar untuk mengatasi pembiayaan rumahmu. Bahkan, cara ini bisa menyelamatkan rumahmu tanpa harus menjualnya karena kamu terdesak problem finansial. Lho, kok, bisa?

Misalnya, cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kamu sudah 3 tahun dan kini kamu dalam kondisi keuangan yang ngos-ngosan. Mungkin kamu punya bayi lagi, atau pendapatan tak sebanyak dulu, atau kamu malah kena PHK. Wah, cicilan KPR terancam macet. Kamu mungkin berpikir akan menjual saja rumah yang telah kamu beli, tapi bingung karena cicilannya belum lunas.

Dengan cara refinancing, kamu bisa menegosiasi ulang bank pemberi cicilan atau kamu mencari bank lain untuk melanjutkan cicilan KPR-mu.

Pada prinsipnya, refinancing adalah mencari kesepakatan yang lebih baik dengan bank pemberi pinjaman. Bisa berupa kesepakatan baru atau menegosiasikan ulang sesuai peraturan baru yang kini berlaku (semisal suku bunga lebih rendah). Melalui refinancing, juga bisa memotong tenor atau masa cicilan KPR-mu.

 

Small Office Home Office (SOHO)

Small Office Home Office (SOHO) merupakan suatu hunian yang di dalamnya dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas kantor.

Para pemilik hunian tersebut mempunyai izin legal untuk menggunakan rumah ataupun apartemennya sebagai unit hunian maupun sebagai unit kantor.

Intinya, SOHO  adalah sebuah tempat yang berfungsi ganda yaitu sebagai tempat tinggal dan kantor.

Perkembangan zaman dan melirik  sisi efektivitas dan efisiensi, banyak orang sudah mulai beralih pada konsep SOHO ini. Dengan konsep ini, diharapkan efektivitas dan efisiensi dalam bekerja dapat lebih ditingkatkan, terutama dari segi waktu.

 

Sinking Fund

Sinking fund merupakan sebuah simpanan atau deposit yang diserahkan oleh penyewa atau pemilik di awal waktu penyewaan atau kepemilikannya. Tujuan dari sinking fund sendiri adalah sebagai jaminan bahwa nantinya pengelola bisa memperbaiki apartemen Anda bila terdapat kerusakan. Dengan adanya dana ini, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang terlampau besar untuk perbaikan-perbaikan tersebut. Karena apartemen adalah sebuah bangunan, yang pasti mengalami penurunan nilai jual, maka keberadaan sinking fund akan membantu Anda sendiri dalam mempertahankan nilai apartemen Anda di kemudian hari.

Biaya sinking fund berbeda-beda di setiap apartemen. Umumnya, biaya yang dibutuhkan untuk dana sinking fund sudah diatur saat apartemen pertama kali dibangun. Pihak management building akan merinci biaya yang dibutuhkan untuk dijadikan sebagai perkiraan apa saja yang harus diperbaharui nantinya, seperti plafon, sistem keamanan, atau dinding.

Kerugian dari biaya sinking fund sendiri adalah, nominal yang meningkat setiap tahunnya. Serta jika tidak ada perbaikan besar yang dilakukan, maka biaya sinking fund yang telah dibayarkan sebelumnya tidak akan digunakan. Selain itu biaya sinking fund tidak bisa dicairkan atau diambil, dikarenakan untuk perbaikan atas kerusakan unit apartemen yang digunakan oleh penghuni sebelumnya.

 

Second Mortgage Facility

Penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) seringkali menjadi kendala bagi perbankan atau lembaga penyalur KPR lainnya.

KPR adalah suatu bentuk kredit jangka panjang yang masa jatuh tempo pembayarannya antara 10 tahun hingga 30 tahun. Sedangkan di sisi lain, sumber dana yang digunakan untuk pembiayaan KPR adalah dana jangka pendek seperti tabungan, deposito, dan giro.

Bila hal ini terus berlangsung, tentu Bank atau lembaga penyalur kredit akan mengalami ketidakcocokan antara sumber dengan penggunaan dananya (mismatch funding), sehingga perlu dilakukan pencarian sumber dana jangka panjang untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan perumahan.

Salah satu upayanya adalah dengan sekuritisasi aset atau dalam bidang properti dikenal dengan pembiayaan sekunder perumahan atau Secondary Mortgage Facility (SMF).

SMF adalah suatu perusahaan yang dibentuk untuk membeli suatu KPR dari bank kreditur. Tagihan ini dikemas dalam suatu efek utang yang kemudian dijual kepada investor seperti misalnya perusahaan asuransi, dana pensiun maupun investor perorangan.

Mortgage atau pembiayaan sekunder perumahan ini dilakukan dengan menggunakan suatu perusahaan khusus yaitu suatu perseroan terbatas, yang ditunjuk oleh lembaga keuangan yang melaksanakan kegiatan pembiayaan sekunder perumahan, yang khusus didirikan untuk membeli aset keuangan dan sekaligus menerbitkan Efek Beragun Aset (EBA).

Di beberapa negara, SMF ini telah menjadi sumber dana jangka menengah dan panjang secara konsisten. Di Asia, Asian Development Bank telah melakukan studi guna menciptakan pasar Mortgage-backed security ini yaitu di China, India, Indonesia, Korea, Malaysia, Pakistan, Filipina dan Thailand.

 

Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP)

Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP) adalah sarana bagi Wajib Pajak (WP) untuk mendaftarkan Objek Pajak yang akan dipakai sebagai dasar untuk menghitung Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang terutang.

SPOP digunakan oleh WP untuk melakukan pelaporan data subjek dan objek PBB-P2. PBB-P2 sendiri merupakan sebutan bagi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan. Pajak ini berlaku atas pemanfaatan, kepemilikan, atau penguasaan bumi atau bangunan, baik oleh Orang Pribadi maupun Badan. Namun demikian, terdapat pengecualian apabila kawasan tersebut digunakan untuk kegiatan usaha perkebunan, perhutanan, dan pertambangan.

Kini, mekanisme penyampaian SPOP Bumi dan Bangunan bakal menggunakan saluran elektronik. SPOP elektronik itu nantinya memuat data elemen SPOP Elektronik, dokumen pendukung isian SPOP Elektronik yang  harus dilampirkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan.

Setelah syarat-syarat itu terpenuhi, subjek pajak atau WP mengembalikan SPOP elektronik kepada Direktur Jenderal Pajak dengan cara mengunggah SPOP elektronik.

 

Indent

Sering muncul dengan promo yang menggiurkan, Indent adalah sistem pembelian dengan cara menunggu terlebih dahulu karena unit yang dijual belum siap huni. Indent juga menjadi alternatif yang diminati oleh banyak investor karena pengembang biasanya memberikan banyak tawaran benefit. 

Selain itu, kelebihan dari sistem beli indent adalah peluang investasi yang baik, dengan harga pembeliannya yang masih murah, setelah bangunan jadi di 1-2 tahun kemudian harganya bisa langsung melejit.

Ditambah lagi dengan kesempatan untuk memilih lokasi, sistem indent pun banyak dilengkapi dengan kemudahan pembayaran yang menjadi bagian dari program promo pengembang.

KEMBALI