Cara Mewujudkan Resolusi Punya Properti

30 Dec 2020

Siapa yang di tahun 2021 ini punya resolusi untuk memiliki properti? Entah untuk dihuni, disewakan, atau dijual kembali nantinya, properti memang bentuk investasi yang bagus untuk masa depan. Tapi, apakah Anda bingung harus memulai melangkah dari mana?

Simak tipsnya berikut:

  1. Buat alokasi dana khusus


Butuh dana yang besar untuk memiliki properti. Apalagi jika melakukan pembelian secara kredit. Selain harus menyiapkan DP, Anda juga harus siap dengan cicilan yang akan menjadi beban keuangan untuk waktu yang cukup lama. Kamu bisa menentukan nominal atau persentase yang ingin kamu sisihkan. Kalau perlu, simpan di rekening khusus supaya dana tidak tercampur.

  1. Perbaiki skor kredit


Riwayat kredit Anda akan jadi salah satu pertimbangan pihak bank saat pengajuan KPR nanti. Jadi punya kartu kredit, pastikan Anda menggunakannya secara bijak dan membayar tagihannya tepat waktu.

  1. Lakukan survei


Sambil mengumpulkan DP, Anda bisa survei properti yang kamu inginkan. Nggak usah terburu-buru karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari lokasi, fasilitas publik, ukuran, desain, dan tentunya harga propertinya.

  1. Cari program KPR terbaik


Hal ini juga butuh pertimbangan cukup mendalam. Bunga yang diterapkan, lama proses, syarat yang diterapkan, jumlah DP, dan biaya lainnya adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih bank.

  1. Siap berhemat


Setelah lolos KPR, jalan Anda memiliki properti sudah dimulai! Tinggal siap batin dan dompet untuk berhemat demi cicilan ya, Insan WKR.

Jalan untuk memiliki properti itu cukup panjang, Insan WKR. Daripada berandai-andai terus, yuk, kita mulai dari langkah pertama!

KEMBALI