Cara Cerdik Menata Rumah / Apartemen Mungil

13 Apr 2020

Apartemen atau rumah mungil memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Walau mudah dan ringkas untuk ditempati, rumah atau apartemen berukuran mungil kadang terasa sulit untuk ditata. Untuk membuat hunian mungil Anda jadi lebih nyaman untuk dihuni, gunakan tips berikut:

1. Pilih warna cat yang terang. Kalau putih terasa membosankan, bisa pilih variasi warna pastel muda untuk memberikan efek terang yang sama.

2. Minimalkan penggunaan pola ketika memilih karpet, wallpaper, ataupun furnitur. Untuk aksen, pilih pola-pola sederhana yang tidak terlalu ramai atau padat. Ekstra hati-hati juga ketika bermain dengan pola vertikal atau horizontal untuk wallpaper, perhatikan dimensi ruang dan sesuaikan dengan luas bidang yang ingin dipasangi wallpaper.

3. Pilih furnitur dan perabot dengan material transparan atau reflektif untuk memberi kesan lapang di dalam rumah mungil Anda. Kursi akrilik atau meja kaca bisa jadi pilihan, tapi jangan lupa untuk rajin membersihkannya, ya!

4. Hilangkan sekat dan gabungkan beberapa fungsi menjadi satu untuk membuat sirkulasi jadi lebih nyaman. Misalnya, gabungkan dapur dengan ruang makan, dan bila memungkinkan menjadi ruang keluarga juga dalam satu area tanpa sekat. Selain mempermudah akses ke semua ruangan, Anda juga bisa melihat semua sudut dari tempat Anda berdiri.


5. Gunakan furnitur yang memiliki fungsi ganda, seperti kolong tempat tidur sebagai laci penyimpanan, juga sofa bed dan meja lipat di ruang keluarga. Lazim diaplikasikan di rumah minimalis dengan gaya Jepang, furnitur multifungsi akan menjaga keseluruhan ruangan tetap berkesan resik.


6. Pilih pintu dengan kaca dan posisi jendela yang strategis untuk memastikan cahaya bisa masuk jelas dan banyak ke dalam rumah. Bila memungkinkan, tambahkanskylight untuk cahaya alami di siang hari.


7. Furnitur mungil bisa menjadi opsi ekonomis pengganti perabot compact multifungsi. Anda bisa mengambil furnitur yang memang berukuran mini, atau hasil repurposing yang eklektik dan ramah lingkungan. Waskita Realty memiliki sejumlah produk apartemen termasuk Vasaka Nines, Vasaka Solterra, Brooklyn, dan Yukata Suites di Jabodetabek, 88 Avenue di Surabaya, serta Vasaka The Reiz Condo di Medan.

KEMBALI