6 Cara Memiliki Properti Tanpa Modal

06 Jan 2020

Baik sebagai salah satu instrumen investasi maupun atas dasar kebutuhan, properti memiliki tingkat permintaan (demand) yang cukup tinggi. Apalagi menurut bisnis.com, tren positif penjualan properti masih akan terus berlanjut di tahun ini. Dan berdasarkan sebuah artikel yang ditayangkan oleh rumah.com, disebutkan bahwa harga properti juga akan tetap mengalami kenaikan.

Lalu, bagaimana dengan Anda yang ingin segera memiliki properti tapi bingung mencari modalnya? Jangan panik. Seperti yang telah disiarkan oleh cekaja.com, sebenarnya ada sejumlah cara Anda dapat memiliki properti tanpa modal. Berikut enam di antaranya:

Pinjam dana

Meminjam dana untuk pembayaran uang muka adalah salah satu pilihan. Tapi, tetap batasi utang tersebut pada jumlah yang dapat Anda bayar di kemudian hari. Carilah pemberi pinjaman yang dapat menutupi pembayaran uang muka dengan bunga yang rendah. Setelah itu, kalkulasikan tingkat suku bunga yang diberikan oleh peminjam. Perhitungan ini penting agar Anda tetap mendapatkan keuntungan di akhir masa investasi.

Cari seller financing

Jika sang penjual sedang ingin menjual cepat propertinya, biasanya dia akan bersedia untuk memudahkan proses pembelian. Anda bisa mengajukan penawaran tertentu, misalnya membayar cicilan bulanan yang lebih tinggi sebagai pengganti uang muka, atau menggunakan bank sebagai perantara negosiasi perjanjian, dengan penjual menalangi terlebih dahulu uang mukanya.

Sewa properti dengan opsi membeli

Dengan melakukan leasing, kamu akan memiliki perjanjian sewa-menyewa yang mengandung beberapa klausul, termasuk opsi yang kamu miliki sebagai debitur untuk membeli atau tetap terus melanjutkan sewa. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah leasing ini berbeda dengan beli-sewa. Leasing memberikan pilihan untuk membeli atau melanjutkan sewa, sedangkan beli-sewa mempunyai perjanjian yang memperbolehkan kreditur untuk menarik lagi objek sewa jika debitur tidak mampu menyelesaikan angsurannya.

Tukar keahlian

Jika kamu memiliki kemampuan sebagai pemborong, maka dapat dengan mudah menukar kemampuanmu dengan penjual yang ingin membangun kembali propertinya di tempat lain. Namun bagi yang berprofesi lain, kamu perlu cari tahu terlebih dahulu keahlian seperti apa yang dibutuhkan oleh penjual.

Ambil alih

Ambil alih atau take over merupakan salah satu cara untuk memiliki properti tanpa uang muka. Kamu dapat mencari debitur yang sudah tidak sanggup untuk meneruskan angsurannya. Kamu juga bisa menghubungi lembaga keuangan tertentu yang berperan sebagai kreditur di bidang properti.

Lakukan kemitraan

Pemilik properti dapat memberikan modal sebagai ganti dari tenaga kamu untuk mengelola properti tersebut. Harus dicatat, buatlah kontrak mengenai kewajiban dari masing-masing pihak dengan jelas. Selain itu, buat juga aturan tentang bagaimana keuntungan dari investasi tersebut dibagikan.

KEMBALI