5 Tips Menata Meja Makan Untuk Pesta di Rumah

02 Jan 2020

Menggelar jamuan di rumah telah menjadi bagian dari budaya masyarakat Indonesia. Kebiasaan untuk mengundang sanak keluarga atau tamu untuk datang ke rumah kita kerap diadakan untuk merayakan momen-momen spesial. Mulai dari Lebaran dan ulang tahun sampai peresmian rumah baru, semuanya membutuhkan persiapan yang baik demi menciptakan suasana yang menyenangkan setiap kali Anda menjamu tamu di rumah.

Selain menata ruang tamu atau ruang keluarga yang selalu menjadi ruangan untuk berkumpul dan beramah-tamah, meja makan juga menjadi area yang krusial untuk diperhatikan. 

Berikut lima tips dari kami agar meja makan Anda semakin menarik ketika menemani jamuan makan istimewa:

Siapkan gelas cantik untuk bersulang

Waktu jamuan, waktunya koleksi piranti makan Anda tampil ke khalayak. Salah satu yang paling spesial adalah gelas; gelas wine, gelas champagne, atau gelas biasa sekalipun. Dapat Anda pakai untuk bersulang setelah menyampaikan ucapan sambutan kepada para tamu yang hadir.

Sentuhan personal

Tulisan nama pada place card, inisial nama di serbet atau kudapan manis yang sesuai karakter tamu pasti akan membuat suasana lebih menyentuh.

Unsur penyemangat

Menyediakan fortune cookie dengan pesan penyemangat, atau kertas kecil berisi kutipan peribahasa yang mengundang rasa nostalgia akan menambah seru canda-tawa di meja makan.

Aksen warna mencolok

Sebagai pusat perhatian, gunakan satu warna yang paling berbeda di antara warna-warna monokrom alat makan maupun taplak meja.

Hidangan andalan jadi centerpiece

Namanya juga acara makan-makan, tetap saja makanan andalan jadi yang utama dong. Baik itu makanan pembuka berupa sayur-sayuran atau makanan tradisional khas salah satu daerah di Indonesia, pastikan tampilannya semenggugah rasanya yang ditunggu-tunggu semua tamu.

KEMBALI