5 Cara Jitu Untuk Menata Dapurmu

09 Jun 2020

Sering pusing melihat keadaan dapur yang selalu berantakan? Tidak perlu memperluas area dapur atau membuang perkakas yang ada. Mungkin masalahnya bukan di ruangan yang terlalu sempit, bisa jadi dapur Anda selalu berantakan karena penyimpanan yang tidak optimal.

Sering dinomorduakan, penyimpanan dan permukaan dengan fungsi ganda di dapur akan meningkatkan efisiensi ruang dan juga kenyamanan penggunaan ruang secara keseluruhan. Ingat saat Anda kebingungan mencari satu bumbu dapur, kemudian membongkar semua sudut penyimpanan hanya untuk menemukan banyak benda-benda tidak jelas dan bahkan sudah kadaluarsa? Kita semua pernah mengalaminya, dan sebaiknya Anda pun mulai menata ulang dapur agar kejadian itu tidak terulang lagi.

Coba 5 tips ini untuk membuat dapurmu lebih rapi dan nyaman untuk digunakan:

1. Buat rak khusus untuk bumbu

Dengan memisahkan tempat penyimpanan khusus untuk bumbu masak, Anda akan menghilangkan satu penyebab sakit kepala ketika memasak. Penyimpanan khusus akan memudahkan Anda untuk mengatur tata letak dan prioritas bumbu mana yang paling sering digunakan, juga mengorganisir bumbu mana yang sudah mendekati masa kadaluarsa dan harus segera diganti.

 

2. Pisahkan isi kulkas dengan rak majalah

Sering mendapatkan masalah isi kulkas menempel dan sulit dipisahkan, atau bahkan rusah karena tertimpa oleh barang lain? Anda tidak sendirian. Gunakan rak majalah yang tidak terpakai untuk memberikan ruang terpisah yang memungkinkan Anda untuk membagi isi kulkas berdasarkan kategori atau jenis barang.

 

 

3. Cutting board di atas bak cuci untuk menghemat ruang

Lupakan memotong bahan makanan di atas counter. Selain menghabiskan permukaan untuk menghidangkan, Anda juga menyebarkan kotoran ke lebih banyak tempat. Dengan menggunakan cutting board di atas bak cuci, semua kegiatan “kotor” Anda akan terfokus di satu area dan memungkinkan Anda untuk membersihkannya lebih cepat.

 

 

4. Pasang label untuk setiap wadah penyimpanan

Untuk Anda yang masih lajang, sistem label ini akan membuat Anda tampak seperti seorang profesional saat di dapur dengan menghilangkan kebingungan mengenai isi salah satu wadah yang ada di dapur Anda sendiri. Sedangkan untuk Anda yang sudah berkeluarga, sistem label ini memudahkan kerjasama dan koordinasi saat melakukan tandem memasak di dapur.

 

5. Gantung perkakas dapur di langit-langit

Dengan menggunakan gantungan di langit-langit dapur untuk menyimpan perkakas, Anda akan mendapatkan akses lebih mudah untuk peralatan yang diperlukan. Selain itu, gantungan perkakas pun akan selalu mengingatkan Anda tentang peralatan yang sudah Anda punya, sering gunakan, dan tidak terlalu diperlukan.

KEMBALI