5 Board Game Wajib Untuk Penggemar Desain dan Arsitektur

08 Jan 2020

Beberapa tahun terakhir ini, demam board game semakin menjamur di Indonesia. Komunitas-komunitas yang bertemu secara rutin untuk bermain bersama juga mulai bermunculan. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, semuanya keranjingan bermain board game.

Oleh karena itu juga board game yang tersedia di pasaran kini makin variatif. Bahkan, menurut nerdmuch.com, terdapat lebih dari 3.000 board game yang dirilis di seluruh dunia. Jika dulu kita hanya mengenal board game seperti scrabble, monopoly, ludo, halma, dan ular tangga, kini terdapat banyak sekali judul board game yang fungsinya juga berbeda-beda. Ada yang diciptakan sebagai game khusus dewasa yang dimainkan saat pesta, ada juga yang dibuat bersifat edukatif untuk anak-anak. Jadi apapun tujuannya, selalu ada saja pilihan board game yang tepat untuk menemani waktu kumpul-kumpul Anda.

Bagi Anda para penggemar desain dan arsitektur, ada sejumlah board game yang dapat membuat acara hangout semakin seru. Tidak cuma menambah keceriaan waktu berkumpul, permainan ini juga dapat menambah pengetahuan di bidang desain maupun arsitektur juga, lho!

Architects of the West Kingdom

Permainan ini mengambil set akhir Kekaisaran Carolingian sekitar tahun 850 Masehi. Sebagai arsitek kerajaan, pemain berlomba untuk membuat raja terkesan dan mempertahankan status bangsawan mereka dengan membangun berbagai landmark, di seluruh domain yang baru ditunjuk.

Ugg-Tect

Para pemain bekerja dalam tim untuk menciptakan bangunan keren yang pasti fungsional dari bahan yang ada di sekitar mereka. Namun, semua pemainnya adalah manusia gua. Jadi pemain hanya memiliki balok kasar untuk membangun dan Anda hanya dapat berkomunikasi melalui gerakan dan suara primitif. Ugungu!

Quadropolis

Di Quadropolis, kamu berperan sebagai walikota dari sebuah kota modern. Kamu perlu menentukan strategi global untuk membangun kota sesuai dengan kebutuhan penduduk. Kirimkan arsitekmu untuk mendirikan berbagai bangunan di kota.

Dream Home

Inilah permainan keluarga tentang membangun dan melengkapi rumah baru. Para pemain mengumpulkan pasangan kartu yang terdiri dari kartu kamar dan kartu aksesori untuk menciptakan rumah impian masing-masing. Pemain dengan rumah terbaik dan paling nyaman adalah pemenangnya.

Pantone The Game

Pemain yang sedang menjadi seniman (artist) memilih kartu karakter, kemudian mendesain representasi karakter tersebut hanya menggunakan kartu swatch warna tersebut. Para pemain lain lantas bergiliran mencoba menebak siapa itu. Siapapun yang memiliki poin terbanyak setelah masing-masing pemain bertindak sebagai seniman tiga kali jadi pemenangnya

KEMBALI