4 Tips Menciptakan Dapur Hemat Energi

06 Feb 2020

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai kampanye seputar penghematan energi. Tentang bagaimana bumi kita ini hanya satu, there’s no planet B, sehingga kita semua harus turut ambil bagian dan melakukan yang terbaik dalam upaya menyelamatkan bumi. Menyelamatkan bumi dari apa? Dari perilaku manusia penghuninya yang justru kerap mengancam keselamatan bumi.

Beragam solusi ditawarkan dan dipresentasikan mulai dari kepada para petinggi dunia di forum-forum internasional, hingga kepada para masyarakat sekitar oleh gerakan-gerakan lokal. Intinya, perubahan gaya hidup menjadi lebih baik, sehingga bumi tidak hanya dapat kita nikmati, tapi juga masih dapat dinikmati dengan leluasa oleh ratusan generasi setelah kita.

Sebelum berpikir terlalu rumit, perubahan gaya hidup juga dapat Anda terapkan secara sederhana di dapur Anda. Ya, perubahan kecil di dapur pun dapat mengawali sumbangsih Anda terhadap pelestarian lingkungan.

Berikut sejumlah tips untuk menciptakan dapur yang hemat energi:

 

1. Masak dengan Cerdas

Bijak-bijaklah ketika memasak, termasuk ketika hanya sekadar merebus air. Sebagai permulaan, pastikan panci atau cerek selalu tertutup ketika mendidihkan air. Ini akan membuat air mendidih lebih cepat, sehingga membutuhkan energi yang jauh lebih sedikit. Selain itu, hindari merebus air lebih banyak dari yang sebenarnya dibutuhkan. Tidak hanya akan memakan waktu lebih lama untuk memanaskan semua air, tetapi juga akan menghabiskan banyak energi.

 

2. Gunakan Perangkat Dapur dengan Baik

Pastikan pintu lemari es dan freezer Anda selalu tertutup dengan benar. Jika tidak, kedua unit akan bekerja ekstra keras untuk mendinginkan area yang jauh lebih besar dari yang seharusnya. Selanjutnya, hindari menaruh makanan panas di dalamnya karena kedua unit harus bekerja lembur untuk mendinginkan makanan. 

 

3. Cuci Piring Bukan Asal Cuci Piring

Kita bisa pakai cara konservatif. Semua peralatan direndam ke air bersabun. Dengan begitu, piring dan kawan-kawannya akan sangat mudah dibersihkan. Jumlah waktu yang Anda habiskan di wastafel pun akan berkurang.

 

4. Microwave! Sebuah Jalan Pintas

Punya microwave di rumah? Jangan dipakai hanya buat menghangatkan makanan saja. Itu justru boros energi. Sebaliknya, panaskan, rebus, dan masak semua jenis makanan yang kamu bisa di dalam microwave. Intinya, justru pakai microwave untuk memasak karena unit ini dirancang menghemat waktu proses memasak. Tapi, selalu ingat mencabut colokannya setelah penggunaan.

Selamat mencoba dan semoga perubahan sederhana yang kita awali di dapur ini dapat menciptakan kebiasaan baru untuk menghemat energi di setiap sisi kehidupan kita.

 

Sumber: 15acrehomestead.com

KEMBALI