WASKITA REALTY KANTONGI PINJAMAN 1 TRILIUN

24 May 2017

Bisnis.com, JAKARTA—PT Waskita Realty memperoleh fasilitas pinjaman kredit senilai Rp 1 triliun dari Bank Tabungan Negara (BTN) untuk mendanai sejumlah ekpansi proyek properti miliknya.

Direktur Utama PT Waskita Karya Realty, Tukijo mengatakan tahun ini bagi pengembang merupakan saat yang tepat untuk menyongsong kebangkitan pasar properti yang mengalami puncak pelemahan pada tahun lalu.

Perusahaan lanjutnya akan menambah portofolio bisnis propertinya yang tidak hanya berfokus pada high rise building melainkan juga rumah tapak dan produk yang menghasilkan pendapatan berulang. Beberapa diantaranya melalui pembangunan hotel di Bandung, Denpasar, juga Makassar.

“Pinjaman ini diantaranya untuk penyelesaian proyek-proyek kami di The Reiz Condo, proyek di Pejaten Apartemen Solterrra Place, proyek baru di Bali, dan lainnya,” katanya dalam acara perjanjian fasilitas kredit Rabu (24/5).

Selain pinjaman, tahun ini perusahaan kata dia juga akan menggelontorkan belanja modal senilai Rp 1,4 triliun. Belanja modal itu hingga saat ini telah terserap sekitar Rp 400 miliar.

Oni Febriarto Rahardjo, Direktur Commercial Lending BTN mengatakan saat ini pihaknya akan fokus mendanai proyek-proyek yang sedang dikerjakan oleh BUMN. Hal itu sejalan dengan rencana holding perumahan yang sedang direncanakan pemerintah.

“Kami upaya akan ambil semua porsi pembiayaan. Karena kami adalah bank yang fokus pada pembiayaan perumahan, dengan portofolio sebesar 85—90% untuk penyaluran perumahan. Termasuk untuk pembiayaan selanjutnya kalau berkenan,” katanya.

Saat ini dia mengatakan BUMN sendiri telah memiliki permodalan yang kuat dengan proyek-proyek yang menarik dan kredibel untuk dibiayai.

KEMBALI