6 Cara Jitu Menciptakan Suasana Kamar Untuk Tidur Nyenyak

20 Nov 2019

Ada begitu banyak hal yang bisa dibicarakan tentang tidur dan kualitasnya. Mulai dari durasi sampai aplikasi smartphone yang dapat membantu tidur. Pada artikel kali ini, kita akan melihat lebih jauh tentang ciri tidur yang berkualitas atau tidur nyenyak, manfaatnya, dan tentu saja cara mencapainya. 

Menurut The National Sleep Foundation, ada sejumlah faktor yang menentukan apa itu tidur berkualitas atau tidur nyenyak. Beberapa di antaranya adalah:

1. Tidur lebih lama di atas tempat tidur, 
2. Tertidur dalam waktu 30 menit atau kurang, 
3. Tidak terbangun lebih dari satu kali setiap malam, dan 
4. Terbangun selama 20 menit atau kurang setelah sebelumnya tertidur.

Semakin ramai dibicarakan dalam beberapa tahun terakhir ini dapat dijadikan indikator pentingnya kita tahu tentang manfaat tidur bagi tubuh. Menurut doktersehat, tidur yang berkualitas memiliki berbagai manfaat kesehatan baik secara fisik maupun mental. Sejumlah manfaat tersebut antara lain, meningkatkan kekebalan tubuh, dapat melawan penyakit jantung dan diabetes, meningkatkan kesehatan emosional secara umum, serta membantu untuk menjaga kestabilan berat badan.

Ada beberapa langkah yang dapat dicoba untuk meningkatkan kualitas tidur, dan salah satunya dengan menciptakan suasana kamar yang senyaman mungkin. Meski preferensi setiap orang akan nuansa kamar yang nyaman itu berbeda-beda, ada sejumlah hal umum yang dapat dicoba oleh siapapun juga. Coba terapkan enam tips berikut ini agar kamu bisa benar-benar tidur nyenyak sebelum pagi datang dengan tantangan barunya:

1. Suhu Sejuk

Suhu udara kamar yang sejuk membuat kita tidur lebih nyenyak. Karena tubuh mengeluarkan panas meski dalam keadaan tidur, suhu yang hangat justru cenderung membuat kita gelisah. Temukan sendiri suhu ruangan yang tepat untukmu.

2. Kurangi Suara

Suara-suara yang tidak stabil, seperti dari televisi maupun perangkat elektronik lain, bisa menginterupsi alam bawah sadarmu ketika tidur. Cukup suara kipas angin atau mesin penyejuk ruangan yang stabil mengantarmu ke dalam tidur.

3. Warna dan Situasi yang Nyaman

Warna-warna mencolok apalagi beragam terlalu tajam menstimulasi waktu jelang istirahat kamu.  Demikian juga dengan kerapihan ruang tidur. Segala sesuatu yang berantakan tidak hanya menjadi beban sebelum menutup mata tapi juga saat Anda bangun nantinya.

4. Cahaya Redup

Coba turunkan intensitas cahaya kamar satu jam sebelum Anda tidur. Biarkan mata Anda beradaptasi dengan intensitas cahaya yang lebih rendah dan katakan pada otak Anda, inilah saatnya untuk tidur.

5. Wewangian

Antar diri Anda untuk tidur dengan wewangian menenangkan favorit. Aroma yang menenangkan akan menenangkan mood dan membantu Anda untuk relax menjelang tidur

6. Kasur, Bantal, dan Seprai Berkualitas

Bayangkan selama 8 jam Anda ditopang oleh kasur yang keras dan serba tidak nyaman. Sudah pasti kualitas tidur Anda pun sirna. Pilih kasur dan bantal Anda secara langsung. Sebelum membeli, cobalah terlebih dulu. Temukan yang paling tepat dengan gaya tidur dan posisi tidurmu.

KEMBALI