5 Rekomendasi Tujuan Wisata Untuk Penggemar Arsitektur

28 Nov 2019

Penghujung tahun pun telah tiba, dan itu berarti kita sudah bisa mulai mempersiapkan akan liburan kemana. Seperti apa destinasi liburan favorit Anda? Apakah Anda tipe yang menyenangi pemandangan alam yang menenangkan atau justru merasa paling senang ketika berada di tengah keramaian kota megapolitan? Apakah karya-karya arsitektur spektakuler yang selalu berada dalam prioritas teratas ketika Anda menentukan tujuan liburan? Bagi Anda yang ingin berpetualang mencari arsitektur untuk memanjakan indra, kami memiliki rekomendasi lima kota yang wajib dikunjungi para penikmat arsitektur.

1. Chicago, Amerika Serikat

Kota wajib kunjung saat kamu berada di Amerika Serikat. Kota kelahiran arsitektur modern inilah rumah bagi gedung-gedung pencakar langit dan karya-karya sejumlah legenda arsitektur dari abad ke- 19, mulai dari Frank Lloyd Wright hingga Frank Gehry.

2. Istanbul, Turki

Mengepung dua benua di ujung jalur sutera, Istanbul telah menjadi pusat perdagangan, kekuasaan, dan budaya selama ribuan tahun. Ilustrasi pengaruh budaya Yunani, Romawi, Bizantium, dan Ottoman adalah serangkaian monumen, istana, dan menara yang mengejutkan. Masjid-masjid Bizantium berkubah bertahta menara-menara dongeng di atasnya serta limpahan mosaik yang berkilauan.

3. Barcelona, Spanyol

Mengambil petunjuk dari teknik Gotik dan Oriental modern, arsitek Catalan awal abad ke-19 Antoni Gaudí ingin menciptakan ruang-ruang perkotaan organik di kota yang dicintainya. Dari Mies van der Rohe hingga Jean Nouvel, hampir setiap arsitek hebat era modern telah meninggalkan jejak mereka di lanskap kota Barcelona. Gedung pencakar langit Nouvel, Torre Agbar, dan karya agung Gaudi yang belum selesai, La Sagrada Familia, hanyalah dua contoh lanskap arsitektur kota yang menakjubkan.

4. Dubai, Uni Emirat Arab

Serba di atas dalam arti yang sebenar-benarnya. Nikmati segala penjuru kota di atas awan mulai dari gedung tertinggi di dunia hingga hotel bintang 7, pusat perbelanjaan futuristis, hingga kepulauan buatan manusia. Dubai juga berhasil memikat para arsitek kontemporer terkemuka seperti Zaha Hadid dan Rem Koolhaas, untuk mewujudkan “kegilaan” desainnya.

5. Tel Aviv, Israel

Diakui sebagai situs Warisan Dunia UNESCO, "Kota Putih" Tel Aviv memiliki 4.000 bangunan dengan berbagai macam gaya yang kebanyakan dibangun pada 1930-an dan 1940-an. Untuk mengakomodasi masuknya imigran Yahudi yang melarikan diri dari Eropa, para arsitek Jerman berbekal ilmu gaya Bauhaus, mengintegrasikan teknik bangunan modern yang terjangkau dan fungsional. Gaya arsitektur ini diperkaya garis-garis melengkung dan warna yang sangat cocok untuk iklim Mediterania, menciptakan kota yang layak huni di tepi laut.

Dari kelima kota di atas, yang mana yang berhasil masuk ke dalam wishlist Anda?

KEMBALI