5 Elemen Dekorasi Gaya Oriental Ala Jepang Untuk Rumah Modern

28 Jan 2020

Mendengar kata “oriental” akan langsung mengingatkan kita pada segala hal yang berhubungan dengan China atau Jepang. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri, kata “oriental” berarti mengenai dunia timur atau negara-negara Timur. Dari pengertiannya, kata ini justru sebenarnya berhubungan dengan Eropa di bagian timur. Tidak hanya Eropa, kata oriental juga telah lama diasosiasikan dengan Asia Timur, yang mencakup China, Hong Kong, Taiwan, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, dan Mongolia.

Meski memiliki gaya yang berbeda-beda, karakter oriental Asia cukup khas. Mulai dari makanan, gaya busana, sampai desain interior rumah, semuanya dapat Anda bedakan dengan mudah ketika disandingkan dengan makanan, gaya busana, atau desain interior dari benua atau kawasan lain.

Ketika menyebutkan pengaruh oriental, maka kebanyakan akan berkiblat pada China dan Jepang. Karena kejayaan sistem kekaisarannya yang berlangsung lama, budaya mereka pun lebih mengakar dan lebih kuat, termasuk dalam bidang interior dan arsitektur. Untuk urusan desain, Jepang menjadi salah satu yang terdepan tidak hanya di Asia, bahkan di seluruh dunia. Penerapan filosofi desainnya yang mengutamakan konsep kesederhanaan dan alami, begitu dikagumi dunia. Apalagi dengan keadaan sekarang ketika semuanya terasa bergerak begitu cepat. 

Anda dapat dengan mudah menghadirkan nuansa Jepang di hunian. Kesan natural pada desain oriental Jepang biasanya dihadirkan lewat aplikasi warna-warna seperti putih, cokelat, dan hitam. Baik pada dinding, furnitur, maupun ornamen aksesorinya, seperti lima dekorasi ini:

 

Bathtub

Membersihkan diri dengan cara merendam tubuh sudah seperti bermeditasi bagi masyarakat Jepang. Ciri khas dari bak berendam atau bathtub pada interior rumah Jepang adalah berbentuk kecil dan dalam, serta memiliki sanggahan untuk duduk seperti kursi.

 

Sliding Door

Disebut dengan shoji, elemen yang satu ini memiliki mekanisme seperti sliding door yang terdapat pada rumah modern. Yang menjadi keunikan dari shoji adalah permukaannya terbuat dari kertas tembus cahaya dengan rangka kayu. Akan tetapi, saat ini material kertas digantikan dengan gelas kaca yang dipasang di dalam kerangka kayu.

 

Meja Pendek

Meja berkaki pendek ini memiliki nama chabudai dengan ketinggian kaki-kaki sekitar 15 cm hingga 30 cm. Pada interior rumah Jepang modern, chabudai banyak digunakan untuk berbagai keperluan seperti meja belajar, meja kerja, atau meja makan.

 

Alas Duduk Lantai

Zabuton adalah alas busa yang dilapisi dengan kain yang digunakan sebagai alas duduk di lantai maupun kursi. Zabuton pada umumnya dipadu padankan dengan zaisu, sebuah kursi Jepang yang tidak memiliki kaki-kaki penyanggah.

 

Partisi

Disebut juga dengan byobu, ini adalah sekat pemisah yang bisa dilipat dan terbuat dari beberapa panel yang disatukan dengan dekorasi berupa lukisan dan kaligrafi. Byobu digunakan oleh masyarakat Jepang untuk memisahkan beberapa bagian interior rumah Jepang dan menciptakan ruang personal.

Untuk kamu yang berjiwa muda, simple, dan modern, gaya oriental ala Jepang secara menyeluruh bisa kamu temukan di Yukata Suites. Hunian vertikal masa kini yang mengadaptasi budaya Jepang, mulai dari visual sampai gaya hidup masyarakatnya.

Penasaran? Lihat dan temukan sendiri hidup ala masyarakat Jepang modern di Yukata Suites, Alam Sutera.

Sumber: dekoruma.com, rumahku.com

KEMBALI